Air, Sifat, dan Pemanfaatannya SD Kelas 4

Air adalah zat kimia yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, dan lautan es. Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut. Air bersih penting bagi kehidupan manusia. Di banyak tempat di dunia terjadi kekurangan persediaan air. Selain di bumi, sejumlah besar air juga diperkirakan terdapat pada kutub utara dan selatan planet Mars, serta pada bulan-bulan Europa dan Enceladus. Air dapat berwujud padatan (es), cairan (air) dan gas (uap air). Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut. Pengaturan air yang kurang baik dapat menyebakan kekurangan air, monopolisasi serta privatisasi dan bahkan menyulut konflik.

Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air tersusun atas dua atom. hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. Air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar, yaitu pada tekanan 100 kPa (1 bar) and temperatur 273,15 K (0 °C). Zat kimia ini merupakan suatu pelarut yang penting, yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya, seperti garam-garam, gula, asam, beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik. Air sering disebut sebagai pelarut universal karena air melarutkan banyak zat kimia. Air berada dalam kesetimbangan dinamis antara fase cair dan padat di bawah tekanan dan temperatur standar. Dalam bentuk ion, air dapat dideskripsikan sebagai sebuah ion hidrogen (H+) yang berasosiasi (berikatan) dengan sebuah ion hidroksida (OH-).

Sifat-sifat Air:
1) Air Mengalir dari tempat yang tinggi menuju permukaan rendah
contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagi berikut, Tandon air dibuat lebih tinggi dari pipa air, Atap dibuat miring agar air dapat mengalir dari genting ke bawah, Saluran irigasi dibuat miring agar air dapat mengalir dengan lancar.


2) Air memberi tekanan ke segala arah
Air memberi tekanan maksudnya air akan memberikan tekanan ke segala arah apabila ada suatu lubang disetiap wadah airnya, Contohnya alat penyiram tanaman, air akan menekan ke segala arah melalui lubang air, Sedangkan tekanan yang diberikan oleh air bisa beragam tergantung dari letak lubangnya


3) Kapilaritas
Kapilaritas adalah kemampuan zat cair untuk meresap melalui celah-celah kecil. Contohnya Kain yang dicelupkan sebagian pada bak yang diisi air, kain akan menyerap air karena kain memiliki celah-celah kecil, Kertas tisu yang digunakan untuk menyerap keringat dan air. Sedangkan contoh untuk bahan yang tidak dapat diserap air adalah plastik dan Alumunium foil kedua benda itu sangat kedap terhadap air sehingga proses kapilaritas tidak bisa berlaku.
4) Bentuk Permukaan air selalu tenang dan datar
Bentuk permukaan air selalu tenang dan datar contohnya jika kita menuangkan air kedalam ember maka kedudukan air akan datar, begitu pula jika ember di miringkan maka kedudukan air tetap datar.Water pas adalah contoh dari prinsip bahwa bentuk permukaan air selalu tenang dan datar.
5) Melarutkan Berbagai Zat
Zat cair melarutkan benda tertentu contohnya garam, gula, dapat dilarutkan oleh air, sedangkan contoh zat yang tidak bisa larut dalam cair adalah tanah, pasir dan minyak. Fakor yang mempengaruhi suatupelarutan benda adalah suhu air yang tinggi akan lebih cepat melarutkan daripada suhu air yang rendah, Kecepatan mengaduk, mengaduk dengan cepat akan lebih cepat pula benda larut, Anomali air dimana pada suhu 4 derajat C volum air menyusut sampai terkecil namun bila suhu diturunkan kebawah 4 derajat C maka volumenya bertambah. contoh praktikum bahwa air melarutkan berbagai zat ada di bawah ini.

Manfaat Air dalam kehidupan sehari-hari:
Air bermanfaat baik bagi manusia maupun makhluk hidup  lain. Berikut beberapa manfaat air dalam kehidupan: 1) Air bermanfaat untuk kesehatan setiap hari dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan daya tahan tubuh. 2) Air sebagai pemenuh kebutuhan setiap hari. 3) Air yang bergerak bermanfaat sebagai pembangkit tenaga listrik.


Praktikum Air Melarutkan Berbagai Zat


                         Siapkan 3 buah gelas, satu sendok bubuk kopi, satu sendok gula pasir, dan air. Tuangkan air ke dalam salah satu gelas. Masukkan satu sendok bubuk kopi ke dalam  gelas itu. Aduklah kira-kira satu menit. Perhatikanlah warna air sebelum dan sesudah dimasuki bubuk kopi. Ke manakah bubuk kopi tersebut?
Sebelum bubuk kopi dimasukkan, air dalam gelas berwarna jernih, setelah kopi dimasukkan dan diaduk, warna air berubah menjadi coklat kehitam-hitaman. Warna itu disebabkan oleh bubuk kopi.
Kemudian lakukanlah percobaan berikut ini:
Masukkanlah satu sendok gula pasir ke dalam gelas yang berisi air. Aduklah air dalam gelas itu beberapa saat. Perhatikanlah gula pasir dalam gelas tadi. Ke manakah perginya gula pasir? Apakah gulanya hilang? Coba cicipilah air itu, bagaimana rasanya? Manis bukan? Dari percobaan ini kita mengetahui bahwa gula itu tidak hilang melainkan larut dalam air.
Akhirnya masukkanlahsatu sendok pasir ke dalam gelas ke tiga yang juga sudah berisimair, dan aduklah beberapa saat. Perhatikanlah pasir dalam gelas itu. Apakah pasir dalam gelas itu larut? Ternyata pasir masih tampak sepertisemula. Berarti pasir tidak dapat larut dalam air.
Air melarutkan Kopi
Air melarutkan gula
Kesimpulan: Air dapat melarutkan zat-zat tertentu.
        
Sekarang kita tahu bahwa air yang ada di lingkungan sekitar kita ternyata memiliki sifat dan manfaat yang dapat kita pelajari, karena air merupakan kebutuhan primer bagi kehidupan manusia maka hendaknya kita memanfaatkan air sebaik mungkin dan tidak menyia-nyiakan air dengan menggunakan seperlunya guna keberlangsungan hidup di masa yang akan datang.


Sumber kutipan:
Darmodjo, Hendro. 1991. Pendidikan IPA I.   Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Willis Dahar, Ratna.1991. Materi Pokok Pendidikan IPA I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

waldiables mengatakan...

TOTO LOSESTIC LEGENDS AT KOSAN IN INDIAN HANDIC LOSES
The new titanium paint color and titanium nose hoop custom-designed LOSESTIC LEGENDS AT KOSAN IN INDIAN HANDIC titanium necklace LOSES by KOSAN IN INDIAN HANDIC LOSES will feature titanium network surf freely unique fabric snow peak titanium spork details for each type

Posting Komentar